Investor Summit 2009 – Likuiditas Tinggi, Pasar Saham Cerah


Update dari Investor Summit 2009: acara yang sangat meriah dan animo masyarakat terlihat sangat tinggi. Terlihat dari jumlah pengunjung yang ramai sehingga jalanpun susah. Antrian makanan sangat panjang sehingga makanpun susah:) Tampak animo masyarakat Indonesia terhadap investasi di pasar modal semakin meningkat dari tahun ke tahun. Namun ada yang paling menarik dan ditunggu – tunggu semua pengunjung, yaitu paparan outlook ekonomi 2010 oleh praktisi – praktisi pasar modal termasuk Ibu Menteri Sri Mulyani.

Hal yang menarik disebutkan bahwa semenjak krisis global tahun 2008 lalu, jumlah uang beredar melonjak akibat stimulus – stimulus yang digelontorkan masing – masing negara. Bank – bank sentral terus mencetak uang sehingga likuiditas sangat tinggi. Kemana uang tersebut ditempatkan? Terlihat banyak aliran dana masuk ke pasar komoditas, pasar uang, dan pasar modal (saham dan obligasi). Likuiditas tersebut mengakibatkan kenaikan harga – harga seperti yang telah terjadi sepanjang 2009 ini. Mereka memprediksikan aliran dana akan terus masuk, terutama ke negara berkembang seperti Indonesia. Akibatnya, potensi kenaikan harga sangat amat terbuka, terutama tahun 2010 nanti yang mereka perkirakan IHSG akan mampu mencapai level tertingginya sepanjang sejarah di level 3000, artinya ada potensi kenaikan +/- 25% dari level sekarang. Ada yang bertanya kok cuman 25%? analis – analis cenderung membuat proyeksi yang konservatif sehingga tidak menutup kemungkinan untuk melakukan revisi seiring berjalannya waktu. Prediksi aliran dana masuk ini kurang lebih sekitar 2 tahun. Sarannya “jangan sampai ketinggalan kereta”.

Seperti yang kita ketahui, aliran dana ini sering disebut Hot Money, yang cepat masuk akan cepat keluar. Tetapi inilah pasar keuangan, dimana pasar akan bereaksi lebih cepat dibandingkan sektor riil. Aliran uang selalu bergerak lebih dahulu sebelum pembangunan suatu proyek. Sama seperti orang naik parasailing, boat penarik bergerak lebih dahulu baru orang terangkat ke atas, demikian pula boat berhenti terlebih dahulu sebelum orang tersebut turun. Saat ekonomi suatu negara diprediksi akan membaik, saat belum terjadi hal yang signifikan di sektor riil, pasar modal sudah naik mendahuluinya sehingga Index harga saham sering disebut sebagai Leading Indicator kondisi ekonomi suatu negara. Di saat kondisi pasar yang cenderung mendatar ini, alangkah baiknya kita semua mulai menata ulang portofolio untuk mempersiapkan tahun 2010 besok.

Untuk penjelasan lebih detil mengenai peningkatan likuiditas yang disebutkan di atas, anda dapat membuka halaman (Page) “Market Report” di sebelah kiri halaman atau paling atas yang telah kami tuliskan pada awal november kemarin, berisi tentang apa yang akan terjadi saat jumlah uang beredar sangat tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: